Dampak Positif dan Negatif Bermain Pokemon Go

Dampak Positif dan Negatif Bermain Pokemon Go

Kemunculan game Pokemon Go memang fenomenal. Namun di balik banyaknya minat pengguna yang memainkan game ini, muncul juga dampak positif dan negatifnya.

SEPUTAR POKEMON – Sejak diluncurkan pada Kamis 7 Juli 2016 lalu, game Pokemon Go yang berbasis Augmented Reality (AR) memang memunculkan efek yang sangat dahsyat di seluruh dunia. Menurut data yang diperoleh SimilarWeb, pengguna aktif harian Pokemon Go, kini mulai mengejar pengguna Twitter.

Tidak berhenti di situ, data lainnya menunjukkan, pengguna Pokemon Go menghabiskan rata-rata 43 menit 22 detik per hari nya, terlibat dengan aplikasi ini. Ini artinya, waktu penggunaan itu lebih banyak daripada waktu penggunaan aplikasi mobile lainnya, termasuk Instagram, Snapchat, dan WhatsApp.

Di balik boomingnya dan ingar bingar game Pokemon Go ini, memang ada banyak hal tak terduga yang terjadi. Dari mulai yang unik, sampai tergolong kriminalitas, dan bahkan membahayakan nyawa.

Dampak Positif dan Negatif Bermain Pokemon Go 1

Disukai Generasi Millennial

Mungkin ada banyak game untuk smart phone, namun Pokemon Go membuat sensasi permainan menjadi berbeda sekali. Ditambah lagi interaksi virtual yang menarik, tak heran, generasi millennial (mereka yang lahir tahun 1981-1994) pun banyak yang menyukainya.

Kaum muda yang memainkan game ini, menyukai karakter Pokemon yang bisa ‘hadir’ seperti nyata di dekat mereka, yang mana pengalaman seperti ini tak ada di game smart phone lain. Belum lagi ditambah keseruan saat memburu, dan bisa bertemu dengan sesama pemain.

Bermain dan berburu Pokemon di ‘dunia nyata’ ini, memungkinkan para pemain bisa membentuk tim, yang bisa saling adu kehebatan dengan kelompok lainnya. Ini seperti turnamen antar pemain Pokemon Go, sangat seru bukan?

Ada Dampak Positif dan Negatif

Dalam setiap kemunculan tren, selalu ada dampak positif dan negatifnya. Dua hal ini bisa menyebabkan perbincangan hangat, dan bahkan perdebatan, hingga munculnya aturan baru.

Kalau bicara dampak positif, banyak pengguna game Pokemon Go, yang merasakan manfaatnya dari bermain game ini, karena seseorang yang bermain game ini harus bergerak aktif untuk mencari pokemon. Artinya, game ini mendorong orang untuk berolahraga, jalan-jalan ke taman atau tempat rekreasi, sambil bermain bersama teman.

Dampak positif lain, game ini sudah terbukti mempengaruhi dunia bisnis dengan baik. Banyak restoran atau kedai kopi yang mulai memasang plang sebagai Pokestop agar banyak yang jajan sebelum berburu Pokemon.

Namun demikian, dampak negatifnya pun muncul. Bahkan di Indonesia, bisa mengundang kriminalitas.

Terbukti ada salah seorang pemain Pokemon Go, yang mengaku ia hampir saja dirampas ponselnya oleh dua orang pengendara motor, karena asyik bermain Pokemon Go di sebuah jalan, di Jakarta.

Ada lagi kasus lainnya, seorang pemain yang terjatuh dari tangga, tercebur ke laut atau kolam renang, menabrak pintu, hingga tersandung trotoar. Ini biasanya disebabkan karena permainan ini menuntut penggunanya untuk melihat layar terus menerus, sehingga lengah untuk fokus pada hal-hal lain.

Munculnya Larangan dan Imbauan

Dampak Positif dan Negatif Bermain Pokemon Go 2

Game Pokemon Go ini juga berdampak terhadap berbagai institusi, baik pemerintah maupun swasta. Seperti yang dilakukan oleh Kepolisian Australia, mereka menghimbau warga yang bermain Pokemon Go, untuk tidak masuk ke kantor polisi sembarangan. Apalagi sampai mencari pokemon di kantor polisi.

Ada juga perusahaan yang membuat peraturan baru untuk karyawan mereka yang bermain Pokemon Go. Pengumuman itu ditulis dengan isi sedikit mengancam terhadap karyawan mereka yang bermain Pokemon Go. Yang berisi “Kami membayar Anda untuk bekerja, bukan untuk mengejar karakter fiktif sebuah game, sepanjang waktu. Lebih baik bermain saat makan siang atau istirahat”.

Bagi sejumlah pemimpin perusahaan, Pokemon Go sudah dianggap merusak konsentrasi kerja, dan para karyawan menjadi tidak fokus dengan pekerjaan mereka. Tak tanggung-tanggung, muncul pula sanksi pemecatan bagi karyawan yang bermain aplikasi game ini.

Bagi kamu yang tertarik atau bahkan sudah addict bermain game yang satu ini, ada baiknya lebih bijak dalam memainkannya. Jangan sampai lupa waktu atau kehilangan fokus sekitar, sehingga membuat kita dalam situasi yang merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *